10 Buah Penambah Darah Paling Cepat, Untuk Pencegah Anemia

Apabila Ibu anemia, Ibu disarankan untuk mengonsumsi buah penambah darah. Kekurangan darah atau anemia bisa menyebabkan kepala pusing dan kelelahan. Selain menandakan tubuh kekurangan sel darah merah, anemia juga menunjukkan bahwa sel darah merah di dalam Ibu tidak berfungsi dengan baik.

Ada beberapa penyebab anemia pada ibu, salah satunya adalah kurang asupan gizi. Maka, apabila Ibu ingin meningkatkan sel darah merah, ada beberapa buah penambah darah. Berikut 10 buah penambah darah yang aman yang bisa Ibu konsumsi.

10 Buah Penambah Darah Pencegah Anemia

1. Pisang

Buah Penambah Darah Pisang

Di negara tropis seperti Indonesia ini, kita tidak akan sulit menemukan pisang. Entah itu pohonnya atau buahnya. Buah yang matangnya berwarna kuning ini, sangat disukai banyak orang.  Pisang ini tak hanya memiliki rasa yang enak, tapi juga kaya akan kandungan gizi. Mulai dari karbohidrat, kalium, magnesium, beragam vitamin dan juga zat besi, kandungan-kandungan tersebut bisa ditemukan di dalam pisang dalam jumlah yang cukup tinggi. Dengan demikian, pisang adalah salah satu buah yang cocok sekali untuk Ibu yang mengidap anemia.

2. Apel

Buah Penambah Darah Apel

Apel dikenal sebagai buah yang tak hanya menjadi camilan pengganti sehat, namun juga bisa dijadikan bahan makanan seperti pie atau bolu. Apel bisa jadi pilihan buah penambah darah karena enak dan juga sangat mudah didapatkan. Ibu bisa membeli apel Malang, apel Fuji atau apel merah. Selain itu, apel juga kaya kandungan gizi, mulai dari zat besi, antioksidan, flavonoid, dan beragam vitamin. Dengan rajin mengkonsumsi apel, ibu bisa menjaga kesehatan jantung, otak atau bahkan untuk diet.

3. Semangka

Buah Penambah Darah Semangka

Buah ini sangat enak apabila dinikmati di siang hari atau di kala cuaca panas. Apalagi disajikan dengan suhu yang dingin, pasti segar sekali. Buah dengan kandungan air tinggi ini, tak cuma bisa melegakan dahaga, namun juga memiliki zat besi. Dengan ini, semangka bisa jadi pilihan buah penambah darah yang enak.

4. Buah Delima

Buah Penambah Darah Delima

Buah delima adalah buah yang terkenal sebagai buah penambah darah yang paling cepat. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin A, C, E, dan juga zat besi. Tak hanya mampu untuk mencegah anemia, buah berwarna merah ini mampu menjaga kesehatan jantung.

5. Jeruk

Buah Penambah Darah Jeruk

Meski dikenal sebagai buah yang mengandung banyak vitamin C, buah ini juga bisa membantu penderita anemia untuk meningkatkan sel darah merah lho, Ibu. Zat besi tidak akan mudah terserap apabila di dalam tubuh kita kekurangan kandungan vitamin C. Dengan mengonsumsi jeruk, zat besi akan terserap ke dalam tubuh dengan baik.

6. Stroberi

Buah Penambah Darah Stroberi

Selain jeruk, buah dengan rasa asam lain yang bisa dijadikan buah penambah darah adalah stroberi. Kandungan antioksidan pada stroberi ini mampu membantu tubuh kita memproduksi sel darah merah.

7. Buah Bit

Buah Penambah Darah Bit

Buah ini masih belum banyak dijual dipasaran di Indonesia dan harganya tergolong relatif mahal. Namun, buah ini memiliki kaya akan kandungan gizi yang mampu membuat tubuh kita menjadi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Kandungan yang ada di dalam buah bit di antaranya adalah vitamin C, kalsium, potassium, sulfur, dan iodium. Ibu bisa mengolah bit ke berbagai macam hidangan, mulai dari jus hingga menjadi pelengkap salad.

8. Buah Naga

Buah Penambah Darah Naga

Buah yang akhir-akhir ini populer di Indonesia ini ternyata bisa jadi makanan yang mampu mencegah anemia. Ibu bisa mengonsumsi buah naga yang dalamnya berwarna merah dan berwarna putih. Keduanya memiliki kandungan yang tak jauh berbeda kok. Selain itu, buah ini disebut sebagai superfood. Alasannya adalah kandungan vitamin C dan zat besi yang tinggi ini mampu meningkatkan kadar eritrosit dan hemoglobin.

9. Kurma

Buah Penambah Darah Kurma

Kita sering mengonsumsi kurma di bulan puasa. Tapi apakah Ibu tahu bahwa kurma tak hanya memiliki rasa yang sangat manis, tapi juga kaya akan khasiat. Buah ini mengandung zat besi, asam folat, vitamin C, dan vitamin B12 yang mampu menambah sel darah merah dan meningkatkan hemoglobin. Ditambah lagi, kurma adalah buah penambah darah yang aman untuk lambung.

10. Aprikot

Buah Penambah Darah Aprikot

Mungkin bagi sebagian orang, apricot termasuk asing. Namun, buah ini sudah banyak kok ditemukan di supermarket. Rasanya juga enak dan manis. Tak hanya itu saja, kandungan gizi yang ada di dalam apricot juga sangat tinggi.

Itulah 10 Buah Penambah Darah Paling Cepat, yang sangat cocok untuk pencegah Anemia dan kaya akan zat basi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Ibu.

Related Posts

Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Recent Stories