Moms Wajib Tahu! Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil Konsumsi

Kondisi ibu hamil sangat membutuhkan makanan dan minuman yang bernutrisi. Mengonsumsi buah adalah langkah tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil dan janin. Oleh karena itu, penting untuk diketahui buah yang bagus untuk ibu hamil. 

Manfaat yang bisa ibu hamil dan janin peroleh sangat beraneka ragam. Hampir semua buah adalah sumber karbohidrat, serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik. Yuk, cari tahu lebih lanjut mengenai buah yang bagus untuk ibu hamil trimester ke 1 di sini!

Pentingnya Nutrisi Selama Kehamilan

Aspek nutrisi merupakan bagian penting selama kehamilan hingga dua tahun setelah melahirkan. Waktu tersebut merupakan waktu atau periode emas. Ibu hamil yang mendapatkan gizi seimabng dan baik diharapkan dapat terhindar dari risiko kesehatan baik bagi janin atau ibu sendiri.

Mengetahui buah yang bagus untuk ibu hamil trimester ke 2 sangat membantu perkembangan tubuh janin. Oleh karena itu, bagi ibu hamil harus mengetahui buah yang  boleh dan buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil.

Baca juga: 5 Buah yang Baik Pasca Operasi Caesar, Ibu Hamil Wajib Tahu!

Manfaat Makan Buah bagi Ibu Hamil

Lebih lanjut, ibu hamil sangat dianjurkan untuk makan 2-4 porsi setiap hari. Pilihan buah yang boleh dimakan juga bisa bermacam-macam, asalahkan buah yang akan ibu konsumsi masih dalam keadaan segar dan bukan buah olahan yang sudah mengalami proses seerta mengandung banyak gula. Berikut beberapa manfaat makan buah bagi ibu hamil.

Memperkuat Daya Tahan Tubuh 

Buah yang bagus untuk ibu hamil trimester ke 3, seperti jeruk, stroberi, dan jambu biji, banyak mengandung berbagai vitamin mulai dari vitamin A, C, E dan antioksidan. Vitamin tersebut sangat berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Khasiat tersebut sangat ibu hamil butuhkan selama masa kehamilan. Alasannya, saat hamil tubuh sangat rentan mengalami infeksi dan mudah sakit.

Melancarkan Pencernaan

Selama masa kehamilan, tidak jarang ibu hamil akan mengalami sembelit. Salah satu penyebabnya adalah meningkatnya hormon progesteron pada ibu hamil yang menyebabkan usus menjadi kurang aktif. Jika ingin mengatasinya, ibu hamil sangat perlu memakan buah-buahan segar yang kaya akan serat, seperti pir, stroberi, dan apel.

Faktanya, kandungan serat pada buah-buahan tersebut sangat penting untuk memudahkan usus mengolah dan menggerakan feses di sepanjang usus hingga keluar dari anus. Hasilnya, ibu hamil akan terhindar dari gangguan pencernaan.

Mengurangi Morning Sickness

Perubahan lonjakan hormon sangat wajar terjadi saat hamil. Akibatnya menyebabkan ibu hamil mengalami mual dan muntah atau morning sickness. Mengisap potongan lemon atau minum perasan lemon yang telah dicampurkan air putih hangat dapat mengurangi keluhan tersebut.

Selain itu, buah dengan rasa yang tawar dan tidak berbau tajam bisa jadi penambah nutrisi dan energi untuk ibu hamil yang kesulitan mengonsumsi makanan biasa.

Mencukupi Asupan Nutrisi

Kebutuhan nutrisi, termasuk vitamin dan mineral saat hamil tentu meningkat. Apalagi nutrisi yang ibu peroleh dari makanan dan minuman yang sehat sangat mendukung proses tumbuh kembang janin. Oleh karena itu, asupan nutrisi akan makanan sehat ibu hamil harus ditingkatkan. Jika bosan dapat membuat buah menjadi jus untuk ibu hamil trimester 1 agar mudah dikonsumsi.

Mengontrol Kenaikan Berat Badan

Saat hamil pertambahan berat badan sangat wajar terjadi. Namun, kenaikan berat badan yang berlebih bisa berdampak buruk pada kesehatan ibu dan janin. Hal tersebut terjadi jika ibu hamil tidak mengendalikan porsi dan jenis makanan yang ingin dikonsumsi, terutama ketika sedang ngidam.

Dengan demikian agar berat badan ibu hamil tidak melonjak terlalu tinggi untuk mengontrol nafsu makan dan asupan makanan. Salah satu caranya adalah dengan rutin mengonsumsi buah-buahan sebagai cemilan.  

Menghidrasi Tubuh

Lebih jauh ibu hamil pasti mengalami mual dan muntah. Tentu hal tersebut mengeluarkan banyak cairan tubuh. Jika tidak mengimbanginya dengan minum banyak air, ibu hamil bisa mengalami dehidrasi.

Jika ingin mengatasi dehidrasi tubuh pada ibu hamil bisa memperoleh cairan yang berasal dari buah-buahan yang kadar airnya tinggi, seperti semangka, stroberi, dan jeruk. Sehingga, ibu hamil bisa mendapatkan tambahan cairan dari buah yang ibu konsumsi.

Menurunkan RIsiko Preeklamsia

Preeklampsia merupakan gangguan kesehatan yang sangat mengancam ibu hamil. Kondisi tersebut bisa terlihat dari tekanan darah tinggi dan keberadaan protein di urine. Preeklamsia jangan dianggap remeh, karena bisa membahayakan kehamilan dan kesehatan ibu hamil.

Untungnya, buah-buahan bisa melindungi ibu hamil dari kondisi tersebut. Apalagi hal ini terdapat penelitian yang mendukung bahwa konsumsi buah dan sayuran kaya akan vitamin C dan E. selain itu, buah juga kaya akan kalium yang berguna untuk menstabilkan tekanan darah.

Baca juga: Buah Penambah Darah Pencegah Anemia yang Kaya Kandungan Zat Besi

Pilihan Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil

Sebelumnya sudah jelas bahwa buah sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan janin. Asupan yang baik, seperti buah yang bagus untuk ibu hamil 7 bulan penting untuk ibu ketahui. Tapi, belum lengkap mengetahui buah pilihan untuk ibu hamil. Berikut pilihan buah yang bagus untuk ibu hamil.

Pisang

Pisang sangat baik untuk ibu hamil. Buah ini menyediakan cukup serat dan kalori sebagai energi untuk mencegah kelelahan. Kalium dalam pisang sangat membantu menjaga tekanan darah ibu tetap normal. Belum lagi, kandungan zat besi yang ada menjadikan buah ini bagus untuk ibu hamil, karena dapat bantu cegah anemia saat hamil.

Jeruk & Lemon

Mengonsumsi jeruk saat hamil membantu kebutuhan cairan tubuh ibu. Terlebih 90% kandungan dalam jeruk adalah air. Kandungan tersebut bantu menghindari ibu hamil dehidrasi yang bisa membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Belum lagi, kandungan folat yang terdapat dalam jeruk dan lemon bantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang pada janin serta mencegah janin mengalami cacat lahir. Apalagi, kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk bantu tingkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah capek dan sakit.

Alpukat

Ternyata alpukat kaya akan vitamin B, C, asam folat, serta kalium. Berkat kandungannya, alpukat dapat membantu kurangi morning sickness, membantu perkembangan otak, sistem saraf, dan jaringan bayi. 

Namun, perlu diingat bahwa alpukat juga mengandung lemak yang tinggi. Jadi, ibu tidak bisa mengonsumsi buah alpukat terlalu banyak.

Mangga

Kandungan dalam mangga sangat tinggi kalium, vitamin C, dan vitamin A. Fungsi kalium dalam mangga bantu jaga tekanan darah dan keseimbangan cairan dalam tubuh. Sementara, vitamin C bantu tangkal serangan radikal bebas dan meningkatkan stamina tubuh. Sedangkan, vitamin A berfungsi sebagai antioksidan dan membantu sistem kekebalan tubuh, penglihatan, dan sistem saraf pada bayi.

Blueberry & Strawberry

Buah yang termasuk kelompok berry sangat bagus untuk ibu hamil konsumsi. Alasannya, karena buah berry banyak mengandung kalium, folat, dan vitamin C. Kalium sangat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, transmisi saraf, dan kontraksi otot. Sementara itu, kandungan folat dan vitamin C dapat membantu mencegah anemia pada ibu hamil.

Jambu Biji

Memperoleh vitamin C tidak hanya bisa ibu hamil dapatkan dari jeruk. Jambu biji juga menjadi salah satu sumber terbaik vitamin C dan mengandung vitamin A, serat, kalium, dan fosfor. Buah ini juga dapat mengontrol kadar gula darah dalam ibu hamil. Apalagi mengonsumsi jambu biji bisa ibu makan langsung atau menjadi jus.

Pir

Tidak banyak yang mengetahui bahwa buah pir ternyata masih sama seperti apel. Pir sangat bagus untuk ibu konsumsi saat hamil karena mengandung asam folat yang tinggi. Kandungan kalium dalam pir dapat membantu regenerasi sel dalam tubuh ibu dan calon bayi.

Semangka

Mengonsumsi semangka dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh, menghilangkan haus, dan mencukupi asupan vitamin A, C, B6, magnesium, dan kalium. Selain itu, jika ibu hamil mengalami mual bisa mengonsumsi semangka untuk mengatasi hal tersebut.

Buah Naga

Buah naga terbagi menjadi dua jenis, yaitu buah naga putih dan buah naga merah. Kedua buah tersebut sama-sama bermanfaat bagi ibu hamil dan janin. Buah naga untuk ibu hamil trimester ibu dikonsumsi kapanpun. Alasannya, karena mengandung nutrisi, seperti zat besi dan vitamin C dan bermanfaat untuk ibu hamil.

Lebih lanjut, buah naga dapat membantu menambah kadar hemoglobin. Hal ini menjadi kabar baik, karena ibu hamil sangat berisiko tinggi mengalami anemia.

Melon Jingga

Melon jingga berbeda dengan melon pada umumnya. Alasannya, karena melon jingga mengandung beta karoten vitamin A yang baik untuk penglihatan dan rambut janin. Belum lagi, manfaat lain, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu dan janin, karena mengandung vitamin C.

Terakhir, selain mengonsumsi buah-buahan ibu juga harus mengetahui sayuran yang bagus untuk ibu hamil. Alasannya, karena sumber nutrisi tidak hanya dari buah saja melainkan bisa ibu peroleh dari sayuran.

Related Posts

Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Recent Stories