Cara Memilih Susu Ibu Hamil yang Penuhi Nutrisi Janin & Ibu

Selama proses kehamilan setiap ibu perlu melakukan berbagai cara agar ia dan calon bayi sehat dengan kebutuhan nutrisi dan gizinya terpenuhi dengan baik. Berbagai cara, seperti mengonsumsi sayur, buah, hingga penambah suplemen khusus untuk ibu hamil juga dilakukan. Bahkan, tidak jarang juga mengonsumsi susu ibu hamil untuk mendapatkan nutrisi serta gizi.

Namun, apakah mengonsumsi susu saat hamil merupakan hal yang wajib untuk ibu hamil? Yuk, simak lebih lanjut mengenai susu untuk ibu hamil 1-3 bulan di bawah ini! Pastinya melalui artikel ini terdapat review susu ibu hamil juga, lho.

Mengenal Susu Ibu Hamil

Faktanya susu ibu hamil adalah susu yang terbuat secara khusus agar kandungannya sesuai dengan kebutuhan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Susu ibu hamil sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil serta menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin.

Selama mengalami hamil tidak jarang ibu hamil mengalami morning sickness sehingga tidak nafsu makan. Padahal mereka sudah menerapkan pola hidup sehat selama masa kehamilan.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, wanita yang sedang hamil harus mengonsumsi tiga cangkir susu setiap hari untuk mendapatkan kalsium, protein, dan vitamin D. Ketiga nutrisi tersebut penting untuk mendapatkan kesehatan selama masa kehamilan.

Susu skim atau 1 persen direkomendasikan bagi ibu hamil karena memiliki kandungan lemak dan kalori yang lebih rendah. Berbeda halnya dengan susu murni yang kurang direkomendasikan karena memiliki lemak jenuh yang tinggi sehingga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker.

Lebih lanjut, mengonsumsi ibu hamil dapat memberikan manfaat pada bayi baru lahir selama tahap awal kehidupannya. Tidak hanya sampai di sana saja, susu ibu hamil dapat membuat ibu memiliki anak yang lebih tinggi dan mengurangi risiko diabetes.

Perlukah Minum Susu Ibu Hamil?

Sebelum hamil, beberapa wanita memikirkan apakah minum susu ibu hamil trimester 1 perlu? Hal tersebut tergantung pada kebutuhan ibu hamil. Jika pola makan ibu hamil sudah mencukupi kadar gizi untuk ibu dan janin, maka tidak wajib untuk mengonsumsi susu ibu hamil. Sebenarnya, ibu hamil bisa memenuhi asupan gizi saat hamil dengan mengonsumsi makanan sehari-hari.

Misalnya, nasi dan roti untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, yoghurt dan keju untuk kebutuhan kalsium, kacang-kacangan untuk kebutuhan asam folat, daging dan telur untuk kebutuhan protein, buah dan sayur untuk kebutuhan vitamin dan mineral, dan makanan bergizi lainnya.

Manfaat bagi Ibu Hamil

Selama hamil ibu akan mengalami banyak perubahan yang membuat kebutuhan nutrisi juga meningkat. Misalnya, kebutuhan kalsium saat hamil akan jauh lebih banyak sekitar 2 kali lipat jika saat tidak hamil. Susu ibu hamil trimester 2 dapat menambah asupan nutrisi ini.

Hal yang perlu diketahui, jika asupan nutrisi tertentu tidak cukup bagi janin, nutrisi akan janin ambil melalui asupan nutrisi ibu hamil. Apabila hal tersebut berlangsung secara terus-menerus, ibu hamil akan kekurangan energi dan nutrisi yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti osteoporosis atau anemia.

Nutrisi yang ada pada susu ibu hamil cukup lengkap dan dapat menurunkan risiko gangguan atau komplikasi dalam kehamilan, seperti preeklamsia dan hipertensi selama kehamilan. Hal tersebut dapat teratasi dengan minum susu ibu hamil yang terdapat kandungan kalsium susu ibu hamil.

Manfaat bagi Janin dalam Kandungan

Janin mendapatkan nutrisi dari asupan nutrisi ibu. Bila asupan nutrisi ibu hamil tidak cukup, maka janin dapat mengalami kekurangan nutrisi. Melalui konsumsi susu ibu hamil, kondisi tersebut bisa teratasi karena susu ibu hamil melengkapi asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil dalam jumlah yang cukup banyak.

Nutrisi yang cukup selama masa kehamilan dapat mencegah bayi mengalami stunting setelah lahir. Pembentukan dan perkembangan organ-organ tubuh janin yang optimal selama di dalam kandungan dapat membuatnya tumbuh menjadi anak yang kuat, tidak gampang sakit, dnn cerdas.

Kapan Waktu Minum Susu Ibu Hamil?

Minum susu ibu hamil tidak hanya untuk melengkapi kebutuhan energi dan zat gizi ibu dan janin, tetapi juga berperan penting dalam menyediakan nutrisi yang janin butuhkan. 

Saat hamil banyak orang-orang yang bertanya usia berapa bulan mulai untuk minum susu ibu hamil? Terlebih mengonsumsi susu ibu hamil dapat memberikan banyak manfaat baik untuk ibu dan janin. Menurut para ahli untuk mulai minum susu bisa saat usia kehamilan usia trimester 1 atau masih terbilang muda. Alasannya, karena saat kehamilan trimester 1 janin mulai tumbuh dan berkembang sehingga butuh asupan gizi yang memadai.

Hal tersebut juga berlaku untuk ibu dengan usia kehamilan trimester kedua hingga trimester kelima. Sehingga, banyak merek yang menawarkan susu ibu hamil trimester 3 atau susu ibu hamil trimester 5. Sebaiknya ibu hamil mengonsumsi susu ibu hamil sebanyak 3 gelas per hari.

Daftar Nutrisi Penting yang Ibu Hamil Butuhkan

Semua ibu yang sedang mengandung pasti menginginkan bayi terlahir sehat. Sehingga, banyak ibu hamil yang mengonsumsi makanan bergizi dengan kandungan nutrisi yang lengkap. Kebutuhan nutrisi ibu hamil umumnya terbagi menjadi dua, yaitu nutrisi makro dan mikro.

Lebih lanjut, nutrisi makro dalam jumlah yang cukup banyak penting untuk ibu hamil. Misalnya, protein dan lemak. Sedangkan, nutrisi mikro dapat tercukupi hanya dalam jumlah yang sedikit, seperti vitamin dan mineral. Berikut beberapa nutrisi yang perlu terpenuhi selama masa kehamilan, yaitu:

  • Protein.
  • Lemak.
  • Asam folat.
  • Zat besi.
  • Kalsium.
  • Vitamin A..
  • Vitamin C.
  • Vitamin D.
  • Vitamin E.

Cara Memilih Susu Ibu Hamil yang Bagus

Saat pertama kali atau masa kehamilan awal terkadang beberapa teman memberikan rekomendasi susu ibu hamil trimester 1. Bahkan, mereka juga memberikan rekomendasi merk susu ibu hamil paling mahal hingga yang paling murah. Saat ini banyak susu ibu hamil yang beredar di pasar sebenarnya adalah susu sapi biasa.

Namun biasanya susu sapi biasa tersebut telah mengalami proses fortifikasi atau penambahan nutrisi yang benar agar dapat ibu hamil konsumsi. Meski susu sapi biasa juga telah memiliki kandungan nutrisi yang baik, namun susu kehamilan yang telah terfortifikasi dengan beragam nutrisi lain lebih sesuai untuk memenuhi kebutuhan gizi bumil.

Pastikan ibu hamil memilih susu yang tepat untuk memenuhi asupan gizi dan nutrisi untuk ibu dan janin. Berikut cara memilih susu ibu hamil yang bagus, yaitu:

  • Memerhatikan kandungan gizi.
  • Memilih susu yang diproses dengan metode pasteurisasi.

Setelah memilih susu ibu hamil yang bagus dan tepat pastikan ibu hamil juga memenuhi kebutuhan nutrisi lewat konsumsi dan minuman bergizi lainnya. Mengonsumsi susu ibu hamil hanya sebagai alternatif dan pelengkap nutrisi bukan sumber utama makanan.

Related Posts

Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Recent Stories