6 Kegiatan Montessori di Rumah, Ide Aktivitas Selama Pandemi

Apakah bisa mengimplementasikan metode Montessori di rumah? Popularitas Montessori di dunia pendidikan hingga kini semakin meningkat di Indonesia. Apalagi pendidikan taraf PAUD hingga TK. Selain itu, beberapa sekolah di kota-kota besar juga menerapkan metode pembelajaran yang diusung oleh seorang pendidik bernama Maria Montessori ini.

Metode pendidikan Montessori ini bertujuan agar anak bisa memilih dan mempertanggung jawabkan pilihan mereka. Maka, dengan belajar bertanggung jawab sejak dini, anak akan lebih memiliki sifat yang lebih mandiri. Namun, sejak merebaknya Covid-19, kegiatan persekolahan pun dilakukan di dalam rumah. Untuk metode Montessori ini di mana memerlukan alat peraga agar kegiatan belajar mengajar menjadi efektif tentu ada tantangannya sendiri.

Kendati pun begitu, ternyata metode Montessori ini cukup efektif apabila dilakukan di rumah. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Catherine M. Scott dan Brooke M. Myers telah memberikan bukti bahwa kegiatan belajar dengan metode Montessori di rumah ternyata tidak mengalami masalah.

Nah, bagi Ibu yang sedang menerapkan metode seperti ini di rumah, ada beberapa kegiatan yang bisa Ibu lakukan bersama Si Kecil. Apa sajakah itu?

6 Kegiatan Montessori di Rumah Selama Pandemi

1. Permainan Menyusun Puzzle

Kegiatan Montessori Menyusun Puzzle

Kegiatan Montessori pertama yang bisa Ibu jalankan dengan Si Kecil adalah Menyusun puzzle. Ibu bisa membeli puzzle ini di marketplace. Selain itu, agar Si Kecil mau memainkan puzzle, Ibu bisa memilih gambar-gambar yang disenangi oleh Si Kecil. Apabila Si Kecil suka dengan salah satu dengan karakter kartun, Ibu bisa mencari puzzle dengan karakter tersebut.

Puzzle dengan gambar yang Si Kecil suka, pasti akan menambah kesenangan dalam kegiatan ini. Namun, harga puzzle ini cenderung tidak murah. Kendati pun begitu, Ibu tak perlu khawatir karena Ibu bisa membuat puzzle sendiri.

2. Menyendok Biji Kacang Hijau

Kegiatan Montessori Kacang Hijau
b

Apabila kegiatan sebelumnya cukup kompleks untuk Ibu, Ibu bisa menggunakan ide satu ini. Ide ini sangatlah sederhana. Ibu hanya mebutuhkan 1 hingga 2 genggam biji kacang hijau, mangkok dan dua buah sendok. Tak hanya perlengkapannya yang sederhana, permainannya juga sangat mudah. Di sini Ibu hanya butuh meminta Si Kecil untuk memindahkan biji kacang hijau dari mangkok satu ke mangkok lainnya. Meski mudah, kegiatan ini membutuhkan konsentrasi tinggi lho.

3. Meronce Kalung

Kegiatan Montessori Kalung Ronce

Kemudian, kegiatan Montessori di rumah yang ketiga adalah meronce kalung. Di sini Ibu hanya perlu menyiapkan benang, sedotan berbeda-beda warna, dan juga gunting. Walaupun terkesan sederhana, meronce kalung membutuhkan kesabaran tinggi. Di setiap langkah-langkahnya, kegiatan ini sangat tepat untuk Si Kecil dalam melatih kesabaran. Si Kecil harus menggunting sedotan hingga menjadi potongan-potongan kecil, kemudian memasukan potongan itu ke benang, dan yang terakhir mengikat benang.

4. Bermain Mengenal Bentuk

Kegiatan Montessori Main Karet
Sumber: Chaisplay

Ibu ingin mengajarkan Si Kecil agar bisa mengenal bentuk? Coba Ibu ajarkan melalui permainan mengenal bentuk. Di sini Ibu hanya membutuhkan sebuah papan, palu dan juga paku. Untuk membuat permainan ini, Ibu palu paku-paku yang disiapkan tadi dengan cara sejajar. Nah, nanti Ibu siapkan karet yang nanti Si Kecil pasang di paku-paku ini.

5. Membuat Plastisin

Kegiatan Montessori Plastisin

Permainan lain atau kegiatan Montessori lain yang bisa Ibu lakukan dengan Si Kecil adalah membuat plastisin. Dibandingkan Ibu membeli plastisin di luar, mengapa Ibu tidak membuat sendiri saja? Apalagi tingkat keamanan dan kebersihan plastisin yang dijual di pasarang belum tentu memenuhi syarat. Bahan yang Ibu gunakan juga sederhana. Ibu hanya membutuhkan tepung terigu, air dan juga pewarna agar terlihat lebih menarik.

Pertama-tama campurkanlah air dengan tepung terigu. Kemudian buat bulat adonan tersebut. Setelah jadi gunakan pewarna tadi.

6. Kodok Kertas

Kegiatan Montessori Origami

Permainan atau kegiatan Montessori terakhir yang bisa Ibu lakukan bersama Si Kecil adalah permainan kodok kertas. Ibu hanya perlu menyiapkan kertas warna. Kemudian Ibu bentuk kertas tersebut menjadi kodok. Nah, di sini Ibu dan Si Kecil bisa mengajaknya bermain balap kodok dengan menggunakan kodok tertas tadi dengan menggunakan kapur papan tulis untuk membuat garis start dan juga finish.

Related Posts

Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Recent Stories