8 Manfaat & Rekomendasi Mainan Edukasi Anak Usia 1 Tahun

Mainan anak adalah hal yang pasti diminta oleh anak kepada orang tua, oleh sebab itu, penting bagi orang tua untuk memilih mainan apa yang cocok dengan anak dan memastikan mainan tersebut bermanfaat. Berikut adalah 8 manfaat serta rekomendasi mainan edukasi anak 1 tahun, yuk, disimak!

Tahap Perkembangan Otak Anak

Perkembangan dan pertumbuhan otak anak, menjadi salah satu hal krusial yang memengaruhi pertumbuhan mereka. Otak adalah pusat dari tubuh dan sumber pemikiran manusia yang menjadi salah satu poin penting yang mengandung pertumbuhan mereka. 

Terdapat milyaran sel saraf dan sejumlah jaringan pendukung yang saling terhubung untuk mengatur sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh.

Perkembangan otak anak dimulai sejak di dalam kandungan. Para ahli menyatakan bahwa usia emas pertumbuhan otak anak adalah pada masa sejak dilahirkan hingga lima tahun. Pada fase ini, perkembangan otak akan begitu pesat sehingga penting bagi orang tua untuk mengambil peran pada tiap-tiap tahapannya. 

Pada usia satu tahun, otak bayi sudah mencapai dua kali ukuran otak saat lahir. Kemudian, pada usia 2 tahun, berat otak mencapai 75% dari otak orang dewasa. Pada fase ini, banyak kejadian luar biasa yang terjadi di otak anak. Hal ini ditandai dengan berkembangnya emosi dan tingkat keingintahuan yang lebih tinggi.

Selanjutnya, pada usia 1-2 tahun, anak juga sudah memiliki kemampuan untuk mengenali benda dan menulis kata pertamanya. Apalagi di usia 2 tahun, perkembangan motorik anak sudah lebih halus. Mereka mulai belajar berjalan, lalu berlari dan melompat sedikit. Selain itu, pada usia 3 tahun, jumlah sel dan volume otak anak sudah mencapai 80% otak orang dewasa.  

Baca Juga: 7 Mainan Bayi yang Bantu Perkembangan Sensorik dan Motoriknya

Hubungan Perkembangan Otak dengan Mainan Edukasi Anak

Pada dasarnya, mainan anak dipakai untuk media bermain anak-anak, tetapi mainan juga dapat digunakan untuk meningkatkan perkembangan otak anak. Pentingnya perkembangan otak membuat Ibu harus pintar memilih mainan apa yang paling cocok dengan kepribadian anak Ibu. Berikut ini peran mainan bagi perkembangan otak anak.

Meningkatkan Kemampuan Bahasa

Berdasarkan studi yang dilakukan di Inggris pada tahun 2000, mainan yang tepat sesuai usia anak dapat merangsang otak anak untuk memproses dan mengekspresikan kata-kata lebih baik. Penelitian ini dilakukan pada anak usia 1-6 tahun yang diberikan mainan untuk permainan simbolis, contohnya balok dan roda menjadi mobil. 

Kemudian, membandingkan hal tersebut dengan anak yang tidak diberikan mainan. Hasilnya, skor dalam tes bahasa anak yang diberikan mainan terlihat lebih baik jika dibandingkan dengan anak yang tidak diberikan mainan sama sekali. 

Meningkatkan Kemampuan Matematika

Studi lain membuktikan bahwa mainan yang diberikan pada anak dapat meningkatkan kemampuan berhitung. Misalnya mainan balok, semakin kompleks bangunan mainan balok yang dapat disusun oleh anak, maka semakin tinggi juga kemampuan anak dalam bidang matematika. 

Lebih Fokus dalam Belajar

Selain itu, mainan juga dapat meningkatkan kemampuan anak dalam belajar. Berdasarkan sebuah studi meta analisis, ditemukan bahwa usia anak sekolah yang bermain pada jam istirahat selama 20 menit memiliki kemampuan akademis lebih baik, karena lebih fokus dalam memperhatikan pelajaran dibandingkan dengan anak yang hanya berdiam di dalam kelas. 

Sedangkan, studi tersebut juga menyarankan agar tidak lebih dari 20 menit, karena jika berlebihan justru akan menimbulkan efek yang bertolak belakang. 

Meningkatkan Kecerdasan

Orang tua tentu ingin anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang cerdas, kan? Salah satu cara untuk membuat anak cerdas adalah dengan mengajaknya bermain. Berdasarkan studi oleh mahasiswa University of Arkansas, membuktikan bahwa memberikan mainan kepada bayi secara rutin dapat meningkatkan IQ anak sejak usia 3 tahun.

Mengasah Pemikiran Kreatif 

Bermain juga bermanfaat untuk membuat anak lebih kreatif, dengan mengeksplor diri melalui proses berpikir serta memunculkan ide-ide baru, kreativitas anak akan terasah dan terbentuk. Pola pikir kreatif juga terbukti mampu membuat anak lebih mengerti apa minat dan bakat mereka, juga dapat membantu anak dalam menyelesaikan masalah.

Melatih Pengendalian Diri 

Tidak hanya hal-hal diatas, mainan juga dapat meningkatkan pengendalian diri anak. Pengendalian diri sendiri merupakan salah satu keterampilan penting untuk mempersiapkan masa depannya nanti. Dengan melatih anak untuk menunggu giliran, menahan godaan, dan untuk mengambil benda dari temannya, hal itu melatih pengendalian dirinya. 

Mempererat Hubungan dengan Orang Terdekat

Mengajak anak bermain bersama dapat membentuk dan mempererat ikatan yang lebih kuat dengan anggota keluarga. Mengajak anak bermain bersama dapat menjadi momen bonding yang spesial bagi orang tua dan anak, yang tentunya berdampak baik bagi masa depan anak. 

Terbiasanya anak dengan bermain bersama orang terdepat akan membuat anak terbiasa untuk memiliki hubungan baik dengan teman-temannya di masa depan. Ia akan tumbuh menjadi pribadi yang tidak malu ketika bertemu dengan orang baru dan dicintai banyak orang.

Mengasah Kemampuan Menyelesaikan Masalah 

Selanjutnya, dengan bermain anak juga bisa mengasah keterampilannya dalam pemecahan masalah. Ketika anak-anak bermain role play atau bermain peran, anak akan berpikir untuk bertindak di dalam permainan. Misalnya, menciptakan percakapan antara dua boneka, atau berimajinasi menjadi orang lain. Biarkan anak mengeksplor dengan pikirannya sendiri.

Selain melatih anak untuk berimajinasi dan memecahkan masalah, cara ini dapat membantu meningkatkan kemampuan sifat empati dan bersosialisasi dalam masyarakat. Hal itulah yang dapat melatih keterampilan untuk berperilaku dan melatih diri di masa depan ketika mereka menemukan kejadian yang sama di kehidupannya. 

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengajarkan Makna Rasa Tanggung Jawab Pada Anak?

Rekomendasi Mainan untuk Anak Usia 1 Tahun

Anak biasanya tidak luput dari mainan, oleh karena itu, sebagai orang tua kita perlu memilih mainan yang paling sesuai dengan anak kita. Mainan yang diberikan juga tidak boleh sembarangan, hindari memberikan anak tablet/ipad sebagai media bermain. Yuk, simak rekomendasi mainan edukasi anak usia 1 tahun di bawah ini yang bisa Ibu beli!

Hape Pound and Tap Bench

Mainan edukasi Hape Bound and Tape Bench sangat mudah dimainkan oleh anak. Para ahli mengatakan bahwa, memukul bola atau gambang dengan menggunakan palu dapat membantu perkembangan motorik halus, koordinasi gerak, kemampuan berbicara, dan mengatur emosi pada anak.  

Ring Donat Kecil Beroda

Mainan ring donat kecil beroda dapat membuat anak berpikir untuk menggabungkan kepingan donat warna-warni menjadi menara susun yang menarik, juga dapat mengasah kemampuan anak untuk membedakan warna, merangsang daya imajinasi dan kreativitas, serta melatih koordinasi pada tubuh anak. 

VTech Magic Star Learning Table

Mainan edukasi anak di bawah 1 tahun sampai 3 tahun Vtech Magic Learning Table mampu membuat anak dapat menghabiskan waktu tanpa perlu mengeluarkan banyak mainan sekaligus. Mainan edukasi jenis ini, dapat memberikan kesempatan pada anak untuk melatih gerak motorik kasar dan halusnya secara bersamaan dan kesinkronan tubuhnya. 

Hide ‘N Side Crawl Tunnel

Mainan edukasi anak 1 tahun laki-laki sensorik Hide ‘N Side Crawl Tunnel bisa digunakan anak untuk merangkak dan bersembunyi. Bagi anak kecil, konsep bermain terowongan akan sangat menyenangkan. Mainan sensorik anak 1 tahun Hide ‘N Side Crawl Tunnel juga dirancang khusus untuk merangsang kecerdasan visual yang pastinya baik dan dibutuhkan oleh anak. 

Fat Brain Toys Dimpl Duo

Mainan edukasi anak TK Fat Brain Toys Dimpl Duo sangat cocok bila orang tua ingin melatih motorik halus dan koordinasi gerak anak. Melalui aktivitas memasukkan berbagai macam bentuk benda seperti bundar, kotak, segitiga, oval, persegi panjang, dan diamond, anak pun dapat dilatih untuk mengenal bentuk dan warna sekaligus.

Related Posts

Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Recent Stories