Ketahui Makanan untuk Mengurangi Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

Setiap harinya pertumbuhan janin di perut ibu hamil akan terus membesar. Semakin hari beban yang ibu topang karena si Kecil semakin besar. Akibatnya menyebabkan kaki ibu hamil menjadi bengkak. Oleh karena itu, ibu harus mengetahui makanan untuk mengurangi kaki bengkak pada ibu hamil. 

Selain itu bagi ibu yang hamil mungkin memiliki pertanyaan seperti apakah kaki bengkak pada ibu hamil berbahaya? Yuk, cari tahu di sini mengenai ciri-ciri kaki bengkak saat hamil!

Penyebab Kaki Bengkak saat Hamil

Penyebab kaki bengkak pada Ibu hamil biasanya akan terjadi saat memasuki usia kehamilan 5 bulan atau trimester kedua. Pembengkakan yang terjadi karena adanya peningkatan volume darah yaitu sekitar 50% selama kehamilan. Hal tersebut sangat erat kaitannya dengan banyaknya cairan hormonal yang tertahan di kaki. 

Cairan hormonal yang tertahan tersebut justru membantu melembutkan tubuh Ibu agar lebih siap menghadapi persalinan nantinya. Sementara itu, cairan ini akan berkurang dengan cepat pada saat si Kecil sudah dilahirkan.

Selain itu, kaki bengkak juga akan Ibu hamil alami saat hamil trimester 3. Oleh karena itu, penting bagi Ibu untuk mengetahui cara mengatasi kaki bengkak saat hamil trimester 3. Hal tersebut terjadi karena tubuh Ibu terus mensuplai darah dan cairan sehingga menyebabkan kaki bengkak hingga jari kaki.

Faktor lain yang menyebabkan kaki bengkak pada Ibu hamil adalah cuaca yang sangat panas, diet yang tidak seimbang, terlalu banyak mengonsumsi kafein, kurangnya asupan air putih, atau sering berdiri dan duduk dalam waktu yang cukup lama.

Sebaiknya, Ibu hamil mengurangi beberapa hal tersebut, perhatikan makanan untuk mengurangi kaki bengkak pada Ibu hamil juga sangat diperlukan demi kenyamanan kehamilan Ibu.

Baca juga: Cara Memilih Susu Ibu Hamil yang Penuhi Nutrisi Janin & Ibu

Hal yang Harus Ibu Hamil Lakukan saat Kaki Bengkak

Selama hamil sebenarnya Ibu sudah mengalami pembengkakan pada awal kehamilan. Namun, ciri-ciri kaki bengkak saat hamil ketika awal kehamilan tidak terlalu tampak. Pembengkakan kaki pada Ibu hamil sangat jelas terlihat saat usia kehamilan mendekati persalinan. Sebelumnya sudah dijelaskan pembengkakan kaki Ibu hamil terjadi karena adanya produksi darah dan cairan secara terus menerus.

Rahim yang berat juga bisa membuat kaki bengkak lebih parah, karena memperlambat aliran darah pada kaki Ibu hamil. Tidak perlu takut bahwa kondisi ini merupakan hal yang wajar dan biasa terjadi pada Ibu hamil.

Respon alami dari proses kehamilan akan terlihat jelas khususnya pada usia kehamilan trimester ketiga. Ibu tidak perlu khawatir jika pembengkakkan tidak terjadi selain di kaki. Jika mengalami pembengkakkan di seluruh tubuh dan terdapat tekanan darah tinggi, maka segera konsultasikan kepada dokter kandungan.

Makanan yang Mengurangi Kaki Bengkak Ibu Hamil

Kaki bengkak pada Ibu hamil ternyata bisa berkurang jika mengonsumsi makanan tertentu. Terdapat beberapa makanan yang dapat menjadi ramuan untuk kaki bengkak saat hamil. Tentunya makanan tersebut bisa dijadikan sebagai cara mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil. Berikut makanan yang mengurangi kaki bengkak ibu hamil.

Makanan Kaya Kandungan Kalium

Kalium adalah mineral yang penting dan dapat membantu tubuh Ibu untuk menyeimbangkan cairan yang ada.

Namun, sebaiknya Ibu hamil membatasi konsumsi kalium harian dengan maksimal 4700 miligram. Kalium bisa didapatkan pada bahan makanan, seperti pisang, alpukat, buah tin, kiwi, pepaya, jus buah prune, tomat kering, bayam, selada, daun bawang, seledri, kubis, peterseli, selada air, sayuran kacang-kacangan, kentang, dan yogurt.

Mengonsumsi Makanan Diuretik Alami

Makanan yang mampu mengurangi kaki bengkak pada ibu hamil adalah makanan dengan sifat diuretik alami. Makanan ini dapat membantu ginjal untuk melepaskan natrium ke dalam urine kemudian natrium akan menarik keluar bila ada kelebihan air dalam darah Ibu. Hasilnya dapat mengurangi pembengkakan pada kaki Ibu hamil.

Kelebihan air pada tubuh akan keluar bersama dengan urine bila mengonsumsi makanan yang mengandung diuretik alami, seperti cuka sari apel, jus, cranberry, semangka, jahe, lemon, tomat, asparagus, seledri, timun, wortel, kubis, brussel, peterseli, terong, kubis, dan buah bit.

Makanan dengan Kandungan Protein

Makanan dengan kandungan protein yang tinggi kerap menjadi makanan pilihan saat diet. Tapi, makanan ini juga dapat bantu kurangi kaki bengkak pada Ibu hamil. Alasannya, karena protein dapat bantu mengentalkan darah yang menahan garam dan air di dalam pembuluh darah agar cairan tidak bocor ke jaringan dan menyebabkan pembengkakan anggota tubuh terutama kaki.

Ibu dapat coba mengonsumsi makanan dengan protein yang cukup, seperti daging tanpa lemak, daging ayam, ikan salmon, telur, kacang-kacangan, atau biji bunga matahari. Pastikan asupannya juga tidak berlebih agar tidak menimbulkan bahaya penyakit lainnya.

Mengonsumsi Teh Daun Dandelion

Teh daun dandelion memang sangat langka, tetapi bisa mendapatkannya di supermarket besar yang menjual barang-barang impor atau sejenisnya. Makanan untuk mengurangi kaki bengkak pada Ibu hamil seperti teh daun dandelion dapat menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh dan dapat membuat sirkulasi pada tubuh lebih lancar.

Mengonsumsi Vitamin Kehamilan

Vitamin harian Ibu hamil yang dokter berikan untuk kehamilan merupakan salah satu makanan yang dapat mengurangi kaki bengkak. Alasannya, karena vitamin dapat membantu kandungan air yang tertahan di dalam tubuh. Pastikan Ibu mengonsultasikannya kepada dokter terkait kaki bengkak yang Ibu alami agar mendapatkan vitamin yang tepat.

Mengurangi Makanan yang Mengandung Natrium atau Garam

Salah satu makanan yang tidak boleh dimakan saat kaki bengkak adalah mengonsumsi makanan mengandung natrium. Sebaiknya, Ibu hamil menghindari jenis makanan yang menjadi pemicu kaki bengkak. Ibu hamil yang rentan dengan kaki bengkak sebaiknya mengurangi makanan yang mengandung garam. Alasannya, karena dapat menyebabkan tubuh menahan kadar air berlebih.

Mengurangi Makanan atau Minuman Kaya Gula

Mengurangi makanan atau minuman kaya akan gula dapat mengurangi pembengkakan pada kaki Ibu hamil. Kandungan gula yang terlalu banyak pada asupan makanan atau minuman dapat menyebabkan kaki bengkak pada Ibu hamil, karena terjadinya retensi air. Sebaiknya, Ibu juga mengurangi buah-buahan dengan kandungan karbohidrat tinggi dan sejumlah makanan, seperti roti, pasta, nasi, dan sejenisnya.

Menghindari Makanan Olahan

Mengonsumsi makanan olahan tentu boleh, namun harus tetap dibatasi karena dapat memicu kaki bengkak pada Ibu hamil. Makanan yang melewati proses pengemasan biasanya mengandung sodium dan lemak trans yang cukup tinggi dan dapat menimbulkan kaki bengkak jika Ibu hamil konsumsi. Belum lagi masalah pada makanan olahan yaitu kadar gizi yang tidak seimbang. Padahal Ibu hamil membutuhkan makanan bernutrisi tinggi.

Membatasi Asupan Kafein Harian

Sebenarnya kafein memiliki sifat diuretik yang dapat menjadi makanan untuk mengurangi kaki bengkak pada Ibu hamil. Namun sebagian besar kafein juga mengandung karbohidrat dan gula yang kemungkinan bisa menyebabkan dehidrasi sehingga tubuh akan membuat sinyal perlu menahan cairan tersebut dan terjadi pembengkakan pada kaki Ibu hamil.

Baca juga: Moms Wajib Tahu! Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil Konsumsi

Cara Mengurangi Kaki Bengkak saat Hamil

Selain mengonsumsi makanan tertentu ternyata Ibu hamil juga dapat melakukan beberapa cara untuk mengurangi kaki bengkak. Berikut cara mengurangi kaki bengkak saat hamil.

Melakukan Pijatan Lembut

Menenangkan diri sambil mendapatkan sebuah pijatan lembut di kaki yang bengkak pada Ibu hamil ternyata mampu mengurangi kaki bengkak. Ibu dapat menggunakan minyak untuk kaki bengkak Ibu hamil sembari mendapatkan pijatan lembut.

Tidur dengan Posisi Miring ke Kiri

Selama masa kehamilan posisi tidur Ibu hamil kaki bengkak tentu berbeda dengan posisi tidur saat tidak hamil. Faktanya, dengan posisi ini ibu dapat meningkatkan aliran darah yang akan mengurangi pembengkakan pada kaki Ibu saat hamil. Gunakan bantal yang nyaman untuk menopang sisi belakang tubuh Ibu hamil.

Berjalan Kaki

Berjalan kaki sekitar 5 hingga 10 menit beberapa kali sehari dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah Ibu hamil sehingga dapat mengurangi pembengkakan. Berjalan kaki sebentar bisa Ibu atasi dengan mengurangi banyak duduk. Meskipun badan terasa berat cobalah untuk melakukan berjalan kaki.

Menggunakan Pakaian yang Nyaman

Saat hamil menggunakan pakaian yang nyaman merupakan hal yang utama bagi Ibu hamil lakukan. Pakaian dan sepatu yang nyaman dapat membantu atasi kaki bengkak. Sebaiknya, Ibu hamil menghindari pakaian yang ketat karena dapat memperburuk pembengkakan. Hal tersebut dapat menghambat sirkulasi atau peredaran darah.

Meninggikan Kaki dan Beristirahat

Istirahat yang cukup merupakan kunci keberhasilan sehat dalam kondisi hamil. Pembengkakkan bisa berkurang jika Ibu hamil mengambil waktu istirahat sejenak dengan duduk kemudian meninggikan kaki agar peredaran darah pada kaki menjadi lebih lancar.

Related Posts

Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Recent Stories