Wajib Tahu 4 Penyebab & Obat Mual Ibu Hamil yang Aman

Mengatasi keluhan-keluhan yang terjadi selama masa kehamilan merupakan suatu hal yang perlu ibu hamil lakukan. Alasannya, karena keluhan tersebut bisa saja menjadi hal yang menyiksa hari-hari bagi Ibu hamil, tapi menjadi sesuatu hal yang menyenangkan. Salah satu yang paling sering terjadi dan ibu hamil alami adalah mual atau muntah. Oleh karena itu, penting mengetahui apa saja obat mual untuk ibu hamil.

Mau tahu lebih lanjut mengenai obat mual untuk ibu hamil? Yuk, cari tahu lebih lanjut di bawah ini!

Mual pada Ibu Hamil Normal?

Mual saat kehamilan merupakan gangguan yang umum terjadi dan seringkali menjadi sebuah tanda bahwa janin berkembang dengan baik di dalam perut.. Namun, ibu tidak perlu terlalu khawatir ketika merasakan mual dan muntah selama masa kehamilan.

Lebih lanjut, mual pada ibu hamil biasa dikenal dengan istilah morning sickness. Morning sickness merupakan kondisi mual muntah yang sering ibu alami ketika hamil. Hal ini disebabkan karena terjadinya peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin) di dalam tubuh ibu hamil. Ketika hormon ini meningkat maka rasa mual akan memuncak.

Morning sickness biasanya sering diartikan mual yang terjadi pada pagi hari, namun mual saat hamil atau muntah bisa ibu alami sepanjang hari. Keluhan mual saat hamil sepanjang hari akan muncul pada trimester pertama dan akan terus berlanjut hingga menjelang melahirkan.

Faktanya, dalam beberapa kasus, ada ibu hamil yang mengalami morning sickness hingga masuk ke fase melahirkan. Hal yang perlu ibu ketahui bahwa mual atau muntah tidaklah berbahaya dan menjadi respon yang wajar karena tubuh tidak terbiasa dengan peningkatan produksi hormon.

Baca juga: Obat Diare untuk Ibu Hamil? Jangan Sembarangan Pilih!

Penyebab Ibu Hamil Mual

Mual atau muntah saat hamil merupakan tanda yang baik. Namun, tidak ada salahnya jika ibu waspada dengan mengonsumsi obat mual hamil di apotik atau memeriksakan diri ke dokter kehamilan. Hal yang lebih penting lainnya adalah terdapat beberapa fakta penyebab yang menunjukan bahwa mual atau muntah saat hamil pertanda janin kuat. Berikut penyebab ibu hamil muntah atau mual.

Peningkatan Hormon Progesteron dan Estrogen

Selama kehamilan, wanita yang hamil akan memngalami peningkatan hormon progesteron dan estrogen. Peningkatan hormon progesteron akan memicu pergerakan organ di sistem pencernaan. Mulai dari usus kecil, lambung, sampai kerongkongan sehingga bisa menimbulkan mual dan muntah.

Sedangkan, peningkatan hormon estrogen dapat memicu peningkatan asam lambung. Sehingga, dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman di perut dan rasa asam di mulut yang mengakibatkan ibu hamil mengalami mual-mual.

Peningkatan Hormon HCG

Beberapa ahli menyatakan sebuah teori yang menyimpulkan bahwa terjadinya mual atau muntah pada kehamilan disebabkan oleh peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin). Hormon ini juga menjadi pertanda adanya kehamilan, yang menyebabkan tanda strip dua pada alat tes kehamilan. Peningkatan hormon HCG ini juga menyebabkan perubahan tubuh ibu hamil dan memicu terjadinya rasa mual atau muntah.

Menunjang Perkembangan Janin

Para ahli juga menyatakan bahwa muntah saat hamil adalah tanda janin kuat. Hal ini memungkinkan karena adanya respon alamiah tubuh guna melindungi janin, sehingga bisa berkembang dengan baik di dalam rahim ibu. Respon ini merupakan sinyal dari dalam tubuh untuk menolak zat atau makanan yang mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan ibu maupun janin serta merangsang kebutuhan nutrisi.

Selain itu, mual atau muntah juga bisa menjadi mekanisme bagi janin untuk mengeluarkan zat-zat yang berbahaya bagi perkembangan janin.

Risiko Keguguran Menurun

Sebuah penelitian di Amerika mengungkapkan, bahwa mual muntah selama kehamilan bisa mengurangi risiko keguguran. Penelitian ini dikatakan jika pada Ibu hamil yang tidak mengalami morning sickness, berisiko mengalami keguguran 3,2 kali lebih besar daripada dengan ibu hamil yang mengalami morning sickness

Selain itu, ibu hamil yang berusia kurang dari 25 tahun yang tidak mengalami mual muntah akan beresiko peningkatan keguguran sebesar 4 kali lipat daripada ibu hamil yang mengalami rasa mual dan muntah. Bahkan, resiko keguguran akan meningkat drastis menjadi 12 kali lipat pada ibu hamil yang berusia lebih dari 35 tahun yang tidak merasakan mual dan muntah,

Pengobatan Alami untuk Atasi Mual Ibu Hamil

Salah satu cara lain mengatasi mual saat hamil adalah dengan mengonsumsi makanan dalam porsi kecil dan minum air putih yang cukup. Nah, untuk mengatasi mual tak tertahankan sampai muntah, ibu dapat mengonsumsi obat mual ibu hamil.  Berikut makanan anti mual ibu hamil yang terdapat di rumah.

Jahe

Salah satu cara paling terkenal mengatasi mual dan muntah saat hamil muda adalah dengan mengonsumsi jahe. Jahe bisa ibu jadikan minuman hangat seperti teh atau minuman yang menyegarkan. Namun, usahakan untuk mengkonsultasikannya terlebih dahulu ke dokter sebelum meminumnya setiap hari.

Minyak Lemon

Penelitian yang telah Iranian Red Crescent Medical Journal lakukan menunjukkan lemon bisa membantu mengatasi mual dan muntah pada ibu hamil. Penelitian ini menunjukkan fakta bahwa ibu hamil yang menghirup minyak lemon mengalami gejala mual dan muntah yang berkurang.

Minyak Lavender

Larutan minyak lavender termasuk salah satu bahan alami yang dapat membantu mengurangi dan menghilangkan mual saat hamil. Larutan minyak esensial yang satu ini merangsang rasa rileks, sehingga rasa mual akan hilang perlahan.

Jika ingin merasakan manfaatnya dapat meneteskan 2 sampai 3 tetes minyak lavender ke dalam diffuser atau sebaskom air untuk kemudian dihirup uapnya.

Minyak Spearmint

Salah satu cara alami mengatasi mual saat hamil muda, yaitu dengan menggosokkan minyak spearmint ke bagian perut. Selain menggosokkannya ke perut, ibu juga bisa menghirup uapnya secara langsung untuk membantu meredakan perasaan mual. Aroma spearmint yang menyegarkan. 

Baca juga: Moms Wajib Tahu! Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil Konsumsi

Obat Mual Ibu Hamil yang Aman

Bila tidak ingin menggunakan obat untuk menghilangkan mual saat hamil, ibu dapat mengonsumsi makanan pereda mual saat hamil. Berikut beberapa pengobatan alami bahan rumahan yang bisa ibu gunakan untuk meredakan rasa mual atau muntah.

Antiemetik

Antiemetik merupakan obat mual pada ibu hamil. Umumnya, obat ini akan dokter berikan melalui resep bila prochlorperazine tidak mampu mengatasi mual dan muntah pada ibu hamil. Adapun jenis-jenis obat antiemetik, yaitu:

  • Klorpromazin sebanyak 10 sampai 25 mg, 2-4 kali sehari.
  • Fenotiazin prochlorperazine, sebanyak 25 mg setiap 12 jam.
  • Promethazine 25 mg setiap 4 jam.

Antihistamin

Antihistamin merupakan obat yang biasa dokter berikan untuk melawan alergi. Namun, antihistamin dapat dokter berikan untuk obat mual pada ibu hamil. Salah satu merek yang mudah ditemukan adalah doxylamine karena tergolong obat bebas yang bisa ibu dapatkan tanpa resep dokter.

Namun, Antihistamin memiliki efek samping menjadi ngantuk. Ada baiknya hindari melakukan kegiatan minimal 30 menit setelah mengonsumsi obat ini.

Kombinasi Vitamin B6 dan Doxylamine

Gabungan vitamin B6 dan doxylamine dapat menjadi obat yang dapat mengatasi mual pada ibu hamil. Hasilnya dari kedua zat tersebut sangat aman dan efektif untuk mengatasi mual dan muntah. Namun, penggunaan obat ini harus mendapatkan pengawasan dari dokter.

Metoclopramide

Dalam beberapa kasus, mual dan muntah saat hamil bisa disebabkan asam lambung yang naik. Sehingga, mengonsumsi obat asam lambung adalah salah satu solusi yang tepat. Namun, penggunaan obat asam lambung, seperti metoclopramide harus sesuai resep dokter.

Prochlorperazine

Prochlorperazine bekerja sangat ampuh untuk mengurangi mual berlebihan. Obat ini juga mampu membuat ibu hamil merasa lebih tenang. Sehingga, rasa mual bisa berkurang atau hilang sekaligus. Merek obat yang bisa dibeli adalah stemil atau metoclopramide. Kedua jenis ini mampu mengatasi rasa muntah dan aman untuk ibu hamil. Namun, ada efek sampingnya, yaitu rasa mengantuk yang berat.

Vitamin B6

Asupan vitamin B6 dapat menjadi obat mual ibu hamil, terutama kehamilan trimester pertama. Ibu hamil bisa mengonsumsi suplemen vitamin B6 dalam jumlah 10-25 mg sebanyak 3 kali dalam sehari.

Umumnya, vitamin B6 sangat dokter rekomendasikan untuk penanganan mual dan muntah pada kehamilan. Vitamin B6 dapat mengatasi mual ringan dan sedang.

Related Posts

Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Recent Stories