11 Permainan Anak yang Mendidik Untuk Tumbuh Kembangnya

Apa saja ya permainan anak yang mendidik untuk tumbuh kembangnya? Pesohor pernah menyatakan bahwa dunia anak adalah dunia bermain. Dari kutipan dari orang terdahulu tersebut, bisa kita simpulkan bahwa cara anak-anak bermain adalah cara mereka belajar juga.

Berdasarkan apa yang dinyatakan oleh seorang peneliti pendidikan untuk anak-anak, Novan Ardy pada tahun 2012, bahwa kegiatan bermain berkaitan dengan segala hal yang dilakukan anak-anak secara spontan.

Bahkan selain menyenangkan untuk sang anak, kegiatan bermain juga memiliki manfaat jangka panjang lho Ibu untuk mereka. Apa sajakah itu?

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

 Orang tua tentu sangat menginginkan anak mereka percaya diri. Kepercayaan diri tentu sangat berhubungan dengan optimisme. Dengan demikian, sikap yang optimis tentu sangat memengaruhi kesuksesan sang anak di masa mendatang. Bermain sangat membantu anak lho Ibu untuk meningkatkan keperayaan diri mereka.

Beberapa permainan justru, mengajarkan mereka untuk memilih dan menentukan. Selain itu, bermain dengan teman sebayanya juga mengajarkan anak untuk tidak takut berkomunikasi dan berani untuk berbicara dengan teman-temannya.

2. Meningkatkan Kemampuan berbahasa

Cara untuk mengajarkan anak berkomunikasi adalah dengan bermain. Banyak permainan yang bisa anak lakukan yang memberikan kosa kata baru untuk mereka. Di era teknologi yang semakin maju seperti sekarang, sudah banyak permainan interaktif yang membantu meningkatkan kemampuan bahasa mereka.

3. Mengembangkan Imajinasi Pada Anak

Imajinasi sangatlah penting untuk anak-anak, karena hal ini sangat berkaitan erat dengan kreativitas. Kreativitas tentu sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah melalui solusi-solusi baru. Nah, bermain tentu akan meningkatkan kemampuan anak untuk berimajinasi.

4. Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak

Manfaat lain yang mampu didapatkan anak-anak melalui kegiatan bermain adalah melatih kemampuan motorik mereka. Ada dua saraf motorik yang ada di dalam tubuh manusia, motorik halus dan juga kasar. Keduanya ini dipengaruhi oleh perkembangan psikologis manusia tersebut.

Kegiatan seperti bermain secara langsung dan tidak langsung akan membantu Si Kecil untuk mempelajari situasi dan menentukan keputusan dengan lebih cepat. Dengan demikian, kemampuan motorik mereka akan terbantu.

Permainan Anak yang mendidik Untuk Tumbuh Kembangnya

Dari penjelasan di atas terkait manfaat bermain, ada permainan anak yang mendidik yang sangat membantu pertumbuhan mereka. Berikut daftar permainan anak yang mendidik untuk anak Ibu.

1. Bermain Balok Kreatif

Permainan Anak yang Mendidik - Balok Kayu Warna-Warni

Permainan anak kecil yang mendidik untuk anak Ibu yang bisa Ibu berikan adalah permainan dengan menggunakan balok. Mainan ini bisa Ibu beli di toko mainan anak-anak.

Selain memiliki warna-warni yang bisa mencuri perhatian sang anak, permainan ini mampu meningkatkan kemampuan berimajinasi mereka. Dalam kelas dengan metode Montessori, mainan ini sering digunakan sebagai alat praktik.

2. Pretend Play atau Bermain Peran

Permainan Anak yang Mendidik - Pretend Play

Permainan anak yang mendidik seperti ini sebenarnya sudah sering dilakukan oleh anak-anak. Anak-anak sering melakukan permainan peran setelah melihat sesuatu yang mereka simak atau saksikan. Anak laki-laki seringkali memainkan peran menjadi pahlawan super. Apalagi setelah muncul film atau seri superhero yang ditayangkan.

Anak perempuan juga sering melakukan peran sebagai ibu. Apabila Ibu memberikan mereka boneka berbentuk anak-anak, selain mereka berbicara dengan boneka, mereka akan bertingkah seperti Ibu. Dari sini, Ibu dituntut untuk mencontohkan hal-hal baik sehingga Si Kecil bisa mencotoh perilaku baik yang Ibu tunjukkan pada mereka.

3. Menggambar dan Mewarnai

Permainan Anak Mendidik - Menggambar dan Mewarnai

Untuk meningkatkan imajinasi sang anak, menggambar dan mewarnai adalah kegiatan yang sangat tepat. Menggambar adalah salah satu cara anak mencurahkan apa yang ingin mereka ekspresikan.

Tak hanya itu saja, menggambar bisa membantu anak untuk meningkatkan kemampuan sensorik dan mengajarkan mereka tentang warna.

4. Board Game

Permainan Anak Mendidik - Board Game

Banyak cara mengajarkan anak untuk mengenal tulisan atau membaca, selain memberikan mereka bacaan, salah satunya adalah permainan board game.

Untuk anak yang sedang diajarkan membaca, board game juga membantu mengenalkan kata-kata pada anak.

5. Bermain dengan Kardus

Permainan Anak yang Mendidik - Bermain Kardus

Jangan buang kardusnya dulu ya Ibu, karena meski pun sederhana, menggunakan kardus sebagai mainan adalah salah satu cara Ibu untuk meningkatkan imajinasi dan kreativitas anak, serta menjadi mainan yang hemat budget.

Dengan kardus ini, Ibu bisa membuat mobil, pesawat, ataupun rumah-rumahan. Ditambah lagi, kardus bisa menjadi salah satu alat untuk permainan peran.

6. Masak-Masakan

Permainan Anak yang Mendidik - Masak-Masakan

Permainan ini seringnya dilakukan oleh anak-anak perempuan. Di sini Si Kecil bisa meniru adegan memasak yang dilakukan oleh Ibu. Di sini anak-anak juga bisa belajar nama-nama bahan-bahan masakan dan juga sayur-sayuran.

7. Permainan Asah Otak

Permainan Anak yang Mendidik - Tic Tac Toe

Tak bisa dipungkiri bahwa permainan asah otak sangat membantuk anak dalam mengembangkan intelektualitas dan kemampuan berpikir mereka. Permainan asah otak pun sangat beragam dan Ibu bisa memilih permainan ini sesuai dengan usia mereka.

Ibu bisa mengajak mereka bermain permainan seperti tic-tac-toe, labirin, jig-saw, dan masih banyak lagi. Ditambah lagi, permainan asah otak mampu mengajarkan mereka memecahkan masalah melalui strategi yang mereka rancang sendiri.

Akan tetapi, permainan ini terkadang membuat anak tertekan atau stres ketika mereka tidak menemukan solusinya. Nah, di sini peran Ibu atau Ayah mengajarkan mereka untuk bersabar dan tetap tenang dalam memecahkan masalah.

8. Bermain Tebak-Tebakan

Ada salah satu permainan yang mudah dan sangat terjangkau, sehingga Ibu tak perlu merogoh kocek untuk membeli mainan untuk Si Kecil, yaitu bermain tebak-tebakan.

Permainan tebak-tebakan ini tak perlu membutuhkan banyak alat peraga, Ibu bisa berkreasi mulai dari menggambar di kertas hingga menggunakan alat yang ada.

Meski tidak perlu merogoh kocek, Ibu bisa melatih kemampuan anak berpikir logis dan kritis. Selain itu, permainan tebak-tebakan sangatlah seru, dan Ibu bisa menyelipkan sedikit humor yang membuat suasana menjadi lebih ceria.

9. Bermain Pasir

Permainan Anak yang Mendidik - Main Pasir

Permainan ini, tentu membutuhkan pasir, dan Ibu bisa membelinya atau mengajak mereka ke pantai untuk bermain pasir. Namun, permainan ini mampu menggali kreativitas mereka. Ibu bisa mengajarkan bagaimana membuat istana pasir ataupun banyak bentuk lainnya.

Tak hanya itu saja, bermain pasir bisa meningkatkan kemampuan mereka untuk bekerja sama karena di sini, Ibu dan Si Kecil butuh mengkoordinasikan hal akan dibuat.

10. Bermain Dough atau Lilin Mainan

Permainan Anak yang Mendidik - Main Lilin

Ada mainan lain yang akan meningkatkan kemampuan berkreasi anak, yakni bermain dough atau lilin mainan. Ada satu produsen yang terkenal dalam memproduksi mainan ini, yaitu Play-doh.

Bentuknya seperti adonan tepung, namun berwarna-warni. Di sini Ibu bisa membantu Si Kecil dalam membuat banyak hal, mulai dari hewan sampai makanan.

11. Menyanyi dan Menari

Permainan Anak yang Mendidik - Menari dan Menyanyi

Apabila Ibu atau Ayah punya kemampuan memainkan alat musik, Ayah dan Ibu bisa mengajak Si Kecil untuk bernyanyi dan menari bersama. Ayah dan Ibu bisa menyanyikan lagu-lagu yang diajarkan Si Kecil atau lagu-lagu anak-anak yang populer.

Selain itu, dengan menyanyi dan menari, Ibu juga bisa mengenalkan banyak hal melalui lagu. Ibu bisa mengajarkan berhitung hingga mengenalkan alfabet.

Dengan demikian, Ibu bisa mengajak anak bermain di rumah. Ibu bisa membelikan mainan-mainan tersebut atau bisa berkreasi sendiri.

Related Posts

Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Recent Stories