Senam Kegel, Pahami Manfaat dan Cara Benar Melakukannya

Senam kegel tidak hanya populer bagi kalangan wanita, tetapi juga pada pria. Awal mulanya senam kegel hamil hanya diperuntukan untuk ibu hamil yang baru saja bersalin. Namun senam ini juga bisa dilakukan siapa saja yang ingin melatih atau mengencangkan otot-otot panggul.

Mau tahu lebih lanjut mengenai cara senam kegel? Yuk, scroll ke bawah untuk mengetahui informasi seputar senam kegel hamil wanita atau pria di sini!

Apa itu Senam Kegel?

Nama senam kegel memang terdengar asing bagi banyak orang. Sesuai dengan namanya senam kegel merupakan olahraga yang dapat mengencangkan otot panggul bawah. Senam ini memungkinkan bagi yang mencoba untuk tidak melibatkan badan dan anggota tubuh lain selain otot panggul bawah bergerak.

Otot panggul bawah terletak di area panggul (selangkangan), tepatnya yaitu otot yang digunakan untuk mengendalikan laju urine atau air kencing.

Faktanya, senam kegel merupakan pengembangan senam yang dilakukan oleh seorang spesialis kandungan asal Amerika Serikat, yaitu dr. Arnold Kegel pada tahun 1940-an. Tujuan utama dari senam kegel adalah untuk menjadi solusi atas masalah inkontinensia urine atau gangguan kontrol kandung kemih pada wanita yang baru saja melahirkan.

Lebih lanjut, seiring dengan berjalannya waktu, senam ini telah banyak membantu mengatasi berbagai masalah seputar panggul dan organ intim jika dilakukan secara rutin. Oleh karena itu, dokter kandungan bahkan dokter urologi sering merekomendasikan senam kegel sebagai perawatan rumah untuk organ reproduksi.

Baca juga: Aman! 9 Tips Memancing Kontraksi agar Cepat Melahirkan bagi Ibu

Siapa yang Bisa Melakukan Senam Kegel?

Setelah mengetahui definisi senam kegel, tidak jarang sebelumnya sering mengaitkan senam ini dengan kegiatan seksual. Hal tersebut ada benarnya karena dapat mengencangkan otot-otot dasar panggul.

Meski demikian, otot dasar panggul yang kencang bukan hanya dibutuhkan untuk seks, tetapi juga untuk kesehatan secara umum. Oleh karena itu, senam kegel bisa dilakukan oleh pria atau wanita dewasa.

Manfaat Senam Kegel

Sebelumnya senam kegel dapat dilakukan oleh pria atau wanita dewasa. Jika ingin melakukan senam kegel ada baiknya untuk mengetahui beberapa manfaat gerakan senam kegel untuk kesehatan bagi pria atau wanita dewasa. Berikut manfaat senam kegel wanita atau pria.

Memulihkan Vagina Pasca Persalinan Normal

Senam kegel manfaat dapat terlihat saat pemulihan vagina setelah episiotomi atau gunting vagina saat melahirkan. Senam ini secara jelas dapat meningkatkan sirkulasi darah yang lancar ke area vagina.

Memang darah yang mengandung oksigen dan berbagai nutrisi sangat ibu melahirkan butuhkan untuk melakukan regenerasi beragam sel dan jaringan vagina. Hal tersebut terjadi akibat episiotomi. Peredaran darah yang lancar juga membantu memulihkan wasir akibat melahirkan secara normal atau pervaginam. Jadi, ibu melahirkan tidak hanya membutuhkan buah yang baik pasca operasi caesar atau normal.

Bantu Atasi Gejala Prolaps Organ Panggul

Prolaps organ panggul (POP) merupakan kondisi yang menyebabkan turun atau menonjolnya dinding vagina ke dalam atau ke luar vagina. Latihan dasar panggul seperti senam kegel dapat mengurangi gejala POP ringan hingga sedang (tingkat pertama hingga ketiga). Senam kegel bahkan dapat membantu mencegah organ merosot lebih jauh. Efeknya mungkin sudah bisa terlihat setelah beberapa minggu.

Meredakan Inkontinensia Urine

Kondisi inkontinensia urine merupakan kondisi yang tidak dapat mengontrol keluarnya urine sehingga bisa keluar tanpa kesadaran. Latihan senam kegel merupakan terapi yang pertama kali dokter anjurkan untuk mengurangi urine inkontinensia. Otot panggul yang kuat dapat ditingkatkan dengan senam kegel.

Ereksi Lebih Kuat

Disfungsi ereksi atau impotensi dapat terjadi oleh pria. Senam kegel dapat membantu mengatasi hal tersebut dan mempertahankan ereksi. Peredaran darah di penis sehingga ereksi tahan lebih lama dapat dibantu dengan senam kegel. Singkatnya, senam kegel agar tahan lama bagi pria bukanlah bualan belaka.

Atasi Ejakulasi Dini

Senam kegel pria manfaat bisa mengatasi ejakulasi dini. Latihan senam kegel dapat memperkuat otot panggul. Hal ini akan membantu untuk menunda ejakulasi. Jadi, ereksi pun akan bertahan lebih lama.

Mencegah Kencing Tidak Tuntas

Urine masih menetes setelah buang air kecil atau dikenal dengan istilah Post-micturition dribble umumnya terjadi pada pria. Senam ini mampu membantu pria mengendalikan keluarnya urine, terutama setelah menjalani operasi prostat. Otot-otot yang berada di sekitar prostat dapat dilatih dengan senam kegel agar menopang berbagai organ reproduksi pria dengan kuat.

Baca juga: Moms Wajib Tahu! Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil Konsumsi

Cara Melakukan Senam Kegel

Melakukan senam kegel sangat mudah. Setiap orang yang ingin mencoba dapat melakukannya di mana saja dan kapan saja tanpa perlu menggunakan alat bantu. Berikut cara melakukan senam kegel dengan mudah, yaitu:

  • Mula-mula tentukan letak otot dasar panggul. Kencangkan otot panggul bawah selama kira-kira 3 detik.
  • Selama mengencangkan otot, jangan menahan napas atau mengencangkan otot perut, paha, dan pantat.
  • Melemaskan kembali otot panggul bawah selama 3 detik.
  • Lakukan dan ulangi latihan otot tersebut hingga 10 kali.
  • Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal lakukan latihan senam kegel sebanyak 3 kali sehari.

Setelah terbiasa melakukan senam kegel, coba untuk menahan otot dasar panggul lebih lama lagi. Mulailah dengan menahan selama 5 detik, sampai menahan selama 10 detik. Berikan jeda yang sesuai sekitar 5-10 detik. Pastikan jangan lupa untuk bernapas seperti biasa selama melakukan senam kegel.

Lebih lanjut, bagi pria dapat melakukan senam kegel sambil berdiri, berjalan kaki, atau saat duduk di balik meja. Jangan mengencangkan otot dasar panggul ketika buang air kecil. Alasannya, karena hal tersebut berisiko menyebabkan gangguan pada kandung kemih.

Hal yang Dihindari saat Melakukan Senam Kegel

Melakukan senam kegel tentu tidak sulit untuk dicoba oleh siapa saja. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak melakukan kesalahan saat senam kegel. Berikut beberapa hal yang dihindari saat senam melakukan senam kegel, yaitu:

  • Hindari untuk menahan napas.
  • Bagi pria, jangan mengencangkan otot ke arah bawah.
  • Hindari untuk mengencangkan otot di sekitar perut, paha, dan bokong.
  • Jangan lakukan senam kegel saat ingin buang air kecil. Alasannya, karena hal tersebut justru menunda pengosongan kandung kemih, sehingga meningkatkan risiko infeksi.

Jika ingin melakukan senam kegel yang aman dapat menggunakan alat bantu, seperti bola kegel. Apalagi menggunakan bola kegel ternyata mampu membantu lebih efektif dibandingkan latihan biasa secara rutin.

Terakhir, senam kegel adalah salah satu latihan kelenturan untuk mengencangkan otot panggul. Manfaat dari senam kegel bisa dirasakan oleh pria dan wanita. Teknik yang tepat akan memberikan manfaat senam kegel yang paling optimal.

Related Posts

Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Recent Stories