4 Rekomendasi Skincare yang Bagus untuk Ibu Hamil

Hormon yang tidak seimbang sangat memengaruhi kondisi kulit wajah khususnya pada ibu yang sedang hamil. Hal tersebut sangat wajar terjadi, sehingga ibu tidak perlu khawatir yang berlebihan. Namun, yang perlu ibu ketahui adalah memilih dan menggunakan skincare yang bagus untuk ibu hamil.

Bagi ibu yang masih kebingungan mencari rekomendasi skincare untuk ibu hamil berjerawat, bruntusan, hingga kemerahan nggak usah khawatir. Yuk, cari tahu bahan skincare yang aman untuk ibu hamil di sini!

Apa itu Skincare untuk Ibu Hamil?

Skincare untuk ibu hamil merupakan sejumlah produk yang ibu gunakan untuk merawat kulit wajah agar sehat selama masa kehamilan. Ibu hamil sangat rentan mengalami sejumlah masalah kulit, karena adanya perubahan kadar hormon di dalam tubuh. Namun, tidak hanya perawatan kulit dari luar seperti skincare, ibu juga perlu menghindari sejumlah makanan yang berdampak buruk bagi kesehatan kulit wajah, seperti makanan berminyak, cepat saji, & daging.

Baca juga: 6 Rekomendasi Lipstik yang Aman untuk Ibu Hamil

Kandungan Skincare yang Bagus & Aman untuk Ibu Hamil

Menggunakan skincare saat hamil, tentu boleh ibu hamil lakukan, asalkan memerhatikan kandungan di dalamnya. Tapi, sebelum menggunakannya pastikan ibu tahu kandungan skincare yang aman.

Niacinamide

Niacinamide merupakan kandungan yang aman untuk skincare ibu hamil karena berasal dari vitamin B. niacinamide biasanya bisa ibu gunakan untuk mengatasi jerawat, mencerahkan kulit, mengendalikan produksi minyak, dan melembabkan kulit wajah.

Selain itu, niacinamide juga berfungsi untuk mengurangi garis-garis halus dan kerutan, mengurangi hiperpigmentasi kulit, serta meningkatkan elastisitas kulit.

Vitamin C

Vitamin C tidak hanya untuk menyehatkan badan, tetapi juga kulit wajah pada ibu hamil. Fungsi vitamin C pada wajah untuk mencerahkan kulit. Apalagi bagi ibu yang biasa menggunakan skincare yang mengandung retinoid bisa menggantikannya dengan vitamin C. Manfaat vitamin C pada skincare adalah untuk meratakan warna kulit, melindungi kulit dari sinar matahari, dan mengurangi tanda penuaan dini.

Hyaluronic Acid

Kulit akan cenderung menjadi lebih kering daripada biasanya saat sedang hamil. Hyaluronic acid bisa menjadi solusi skincare yang aman untuk ibu hamil. Alasannya, karena hyaluronic acid merupakan jenis humectant yang mampu menarik kandungan air di udara dan mengikatnnya di permukaan kulit, sehingga dapat memberikan hidrasi pada kulit.

Bakuchiol

Bakuchiol pada skincare sangat bermanfaat untuk merawat wajah pada ibu hamil. Manfaat bakuchiol mampu melawan penuaan dini pada kulit karena dapat meningkatkan kadar kolagen dan elastin. Selain itu, bakuchiol juga berguna untuk menjaga kelembaban kulit, mengurangi bintik hitam, dan mengurangi jerawat.

Titanium Dioxide

Ibu hamil juga dapat menggunakan skincare, asalkan menggunakan bahan dasar mineral, seperti titanium dioxide. Kandungan ini efektif untuk melindungi kulit dan aman bagi ibu hamil. Alasannya, karena titanium dioxide tidak dapat menyerang langsung ke dalam kulit.

Zinc Oxide

Sunscreen merupakan skincare dasar yang biasa wanita gunakan tidak terkecuali pada ibu hamil. Sunscreen yang aman untuk ibu hamil memiliki kandungan zinc oxide. Kandungannya  aman untuk ibu hamil gunakan karena hanya menempel di permukaan kulit saja, tidak bisa menyerap ke dalam kulit.

Kandungan Skincare yang Tidak Boleh untuk Ibu Hamil

Sebelumnya, sudah diketahui kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil. Namun, jangan lupakan skincare yang tidak boleh untuk ibu hamil untuk meminimalisir kerusakan pada kulit wajah ibu hamil. Tujuannya agar bahaya skincare untuk ibu hamil terhindar. Berikut kandungan skincare yang tidak boleh untuk ibu hamil.

Benzoyl Peroxide

Benzoyl peroxide merupakan kandungan yang mampu mengatasi masalah jerawat. Namun, bahan ini bisa membahayakan janin, karena ketika menyerap kulit wajah bahan ini sangat berisiko pada janin. Benzoyl peroxide termasuk ke dalam kategori C, yaitu kandungan skincare yang tidak boleh untuk ibu hamil gunkan. Ahli dermatologi merekomendasikan untuk menghindari produk-produk yang mengandung benzoyl peroxide.

Hydroquinone

Hydroquinone termasuk kandungan skincare yang tidak boleh ibu hamil gunakan. Bahan ini biasanya bermanfaat mencerahkan kulit wajah. Bahan ini menyerap ke kulit sebanyak 45% dan dikhawatirkan memiliki efek samping. Meski belum ada penelitian yang signifikan mengenai efek hydroquinone pada janin, namun bahan kimia yang terlalu banyak dalam aliran darah dapat membahayakan nyawa.

Paraben

Paraben merupakan skincare yang tidak boleh untuk ibu hamil. Apalagi paraben sangat erat kaitannya dengan kanker payudara, serta dapat memengaruhi sistem reproduksi. Selain itu, paraben juga biasa digunakan untuk mengawetkan produk. Oleh karena itu, pastikan ibu hamil menghindari produk skincare agar tetap aman untuk kesehatan diri sendiri dan janin.

Retinoid

Retinoid merupakan kandungan yang umumnya ditemukan dalam krim anti-aging atau anti penuaan. Berdasarkan penelitian yang telah dokter lakukan, terdapat bukti hubungan penggunaan retinoid dengan peningkatan risiko cacat lahir pada bayi yang sedang dalam berkembang. Retinoid umumnya terdapat pada label perawatan kulit dengan kandungan vitamin A, yang sebagian merupakan campuran asam retinoat. 

Sodium Lauryl Sulfate

Nama Sodium Lauryl Sulfate terdengar asing bagi banyak orang. Umumnya kandungan ini terdapat pada sampo dan sabun. Skincare yang mengandung Sodium Lauryl Sulfate tidak boleh ibu hamil gunakan. Alasannya, karena tubuh manusia tidak mampu memecah bahan kimia ini dan dengan paparan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan masalah pada sistem saraf, fungsi ginjal, dan fungsi hati.

Baca juga: Obat Diare untuk Ibu Hamil? Jangan Sembarangan Pilih!

Rekomendasi Merek Skincare untuk Ibu Hamil

Ibu hamil perlu sadar bahwa skincare merupakan kebutuhan dasar untuk seorang wanita. Namun, harus memerhatikan kandungan yang boleh dan tidak boleh pada skincare untuk ibu hamil. Berikut rekomendasi skincare lokal yang aman untuk ibu hamil.

Mama’s Choice

Mama’s choice merupakan merek lokal yang menyediakan berbagai perlengkapan kebutuhan ibu hamil, ibu menyusui, dan bayi. Merek ini terus mengembangkan inovasi dengan menggunakan formula bahan-bahan alami dan berkualitas.

Beberapa varian produk skincare yang ibu hamil coba dari Mama’s Choice, seperti:

  • Gentle Face Wash.
  • Daily Protection Face Moisturizer.
  • 2in1 Face Care.
  • Stretch Mark Cream.
  • Dry Serum Deodorant.

Sensatia Botanicals

Sensatia Botanicals merupakan merek skincare lokal yang aman untuk ibu hamil. Produk yang Sensatia Botanicals tawarkan merupakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan alami dan berkualitas. Kandunganya tidak terdapat bahan kimia berbahaya, zat buatan, atau zat sintesis.

Berikut beberapa produk yang aman ibu hamil gunakan dari Sensatia Botanicals, seperti:

  • Original Soapless Facial Cleanser
  • Unscented Soapless Facial Cleanser
  • Wild Honey Facial Mask
  • Aloe & Cucumber Facial Mist
  • Unscented Sensitive Facial C Serum
  • Seastem Marine Barrier Cream

Avoskin

Avoskin merupakan produk skincare lokal yang menggunakan bahan-bahan alami terbaik dan menjadi salah satu merek yang aman untuk ibu hamil. Seluruh produk dari Avoskin sudah teruji secara klinis aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Berikut beberapa produk yang aman ibu hamil guanakan dari Avoskin, seperti:

  • Natural Sublime Facial Cleanser
  • Perfect Hydrating Treatment Essence
  • Your Skin Bae Niacinamide 12% + Centella Asiatica
  • Your Skin Bae Glow Concentrate Treatment 2% + Aqua Ceramide + Multi probiome + Hyaluronic Acid

Wardah 

Semua orang tentu sudah kenal dengan produk Wardah. Produk skincare yang wardah gunakan tentu baik untuk kulit dan tidak kalah dengan merek internasional yang ada. Wardah menyebutkan bahwa bahan aktif yang terkandung dalam produknya hanya bekerja pada lapisan kulit bagian luar dan tidak beredar dalam darah.

Berikut beberapa produk yang aman ibu hamil guanakan dari Wardah, seperti:

  • Sunscreen Gel SPF 30.
  • Aloe Hydramild Facial Wash.
  • Aloe Hydramild Moisturizer Cream.
  • Aloe Hydramild Serum.
  • Seaweed Intensive Night Cream.
  • Seaweed Micellar Water. 

Related Posts

Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Recent Stories