Galau? Simak 7 Cara Mengembalikan Mood Wanita yang Instan

Kamu merasa senang dan bersemangat, kamu bisa tiba-tiba merasa sedih, kesal, marah bahkan depresi di tempat kerja. Dalam bahasa Indonesia, mood swing umumnya disebut mood swing. Dalam beberapa kasus, perubahan suasana hati ini sangat umum dan tidak memerlukan intervensi medis. Yuk, simak cara mengembalikan mood wanita!

Apa itu Mood Swing?

Melansir dari Very Well Mind, perubahan suasana hati adalah perubahan emosi yang terjadi sangat sering dan kuat. Bahkan banyak orang yang menggambarkannya sebagai sensasi gelombang karena merasakan perubahan emosi yang drastis saat mengalami mood swing tersebut.

Lalu apa itu mood swing? Dan bagaimana cara mengembalikan mood wanita? Mood swing artinya adalah perubahan suasana hati seseorang. Keadaan ini ditandai dengan perubahan emosi yang merupakan reaksi terhadap  situasi. Seseorang sering mengalami perubahan suasana hati secara acak. Namun, jika perubahan suasana hati ini terus berlanjut dan memengaruhi kehidupan pribadi kamu, kamu mungkin mengalami gangguan kesehatan mental yang disebut gangguan bipolar.

Baca Juga: 5 Ide Liburan Keluarga yang Asik di Tahun 2023

Mengapa Mood Wanita dapat Berubah-ubah?

Banyak faktor yang menjawab pertanyaan diatas, jawabannya pun beragam, bisa merupakan faktor medis, faktor psikologis, sosial, dan lain-lain. Yuk, simak lebih lanjut alasan mengapa mood wanita dapat berubah-ubah.

Kurang tidur

Otak dan tubuh akan terasa rileks setelah istirahat dan tertidur, jika tidak cukup istirahat, tidur tidak bisa segar kembali sepenuhnya. Saat kita kurang tidur, kita bisa merasa stres dan frustasi atau bahkan  mood swing, yang tentunya berdampak buruk bagi sebagian orang yang mengalaminya.

Hormon

Apakah kamu pernah merasa sangat kesal atau marah tanpa sebab? Setiap kali tubuh memproduksi lebih banyak atau lebih sedikit hormon, suasana hati bisa naik dan turun. Ini bisa terjadi ketika tubuh menghasilkan peningkatan banyak hormon selama masa pubertas.

Kehamilan

Saat kamu hamil, kamu secara alami menghasilkan lebih banyak hormon untuk membantu tubuh kamu tumbuh dan  memberi makan bayi kamu. Peningkatan ini ternyata bisa mempengaruhi mood, beberapa ibu hamil menangis, lebih sering tertawa dan merasa biasa saja.

PMS

PMS atau PreMenstrual Syndrome pada perempuan, biasanya akan membuat mereka mengalami mood swing, selain itu, perempuan cenderung akan merasakan beberapa gejala seperti kram, sakit kepala, dan perubahan suasana hati.

Pre Menstrual Syndrome juga bisa membuat seseorang merasa sedih atau aneh tanpa  pemicu yang jelas. Ini juga terkait dengan kadar hormon tertentu yang bisa turun selama sebulan. Setelah menstruasi kamu berakhir, ini secara alami menyebabkan kadar hormon kamu meningkat dan membantu menghilangkan gejala-gejala ini.

Menopause

Seorang wanita mengalami menopause ketika dia berusia lebih dari 60 tahun, ketika tubuh memproduksi hormon jauh lebih sedikit daripada sebelumnya. Penurunan ini juga dapat menyebabkan beberapa gejala seperti hot flashes, gangguan tidur, dan perubahan suasana hati. Perubahan gaya hidup, seperti pola makan yang lebih sehat, lebih banyak tidur, atau lebih banyak berolahraga, dapat meningkatkan suasana hati.

Kafein

Kopi, soda, dan minuman berkafein lainnya terkadang dapat mengangkat suasana hati dan memberi kamu energi. Karena kafein dapat merangsang sistem saraf dan membuat seseorang merasa lebih waspada dari biasanya. Jika  sering menggunakannya,  tubuh akan terbiasa dengan efek sampingnya.

Baca Juga: Kecantikan & Kebugaran Aset Terpenting dari Wanita

Cara Mengembalikan Mood Wanita yang Bisa Dilakukan dengan Mudah

Cara mengembalikan mood wanita sangat beragam. Untuk mengatasinya mood yang tidak teratur, kamu dapat melakukan tindakan seperti: Menjalani hidup sehat, berolahraga secara teratur, tidur yang cukup, mengonsumsi makanan penambah mood dan mengelola stres dapat membantu menjaga mood tetap stabil. Berikut adalah cara-cara lain untuk mengembalikan mood wanita:

Memeluk orang terkasih

Memeluk sahabat atau pasangan kamu adalah cara  yang sangat instan untuk mengangkat semangat kamu. Dalam sebuah penelitian di Australia, pria yang sering berpelukan lebih bahagia daripada mereka yang tidak. 

Pelukan dapat membuat kamu merasa terhibur dan dicintai. Kegiatan ini juga mengurangi kecepatan bernapas, menurunkan  tekanan darah dan meningkatkan produksi hormon oksitosin. Hormon ini juga dikenal sebagai hormon cinta. Sudah peluk orang tersayang belum hari ini?

Tidur siang sejenak (power nap)

Pekerjaan kantor dan urusan asmara mengganggu mood kamu? Cobalah tidur siang atau power nap National Sleep Foundation (NSF) mengklaim bahwa tidur siang singkat dapat meningkatkan suasana hati, konsentrasi, dan kinerja pada orang dewasa. 

Tidur siang singkat yang disarankan untuk memperbaiki suasana hati adalah 20-30 menit di siang hari. Durasi ini cukup untuk menyegarkan kamu dan membebaskan kamu dari rasa kantuk. 

Membuat Kopi atau Teh di Pagi Hari

Makanan dan minuman menaikkan mood wanita. Apalagi kopi dan teh, seperti teh hijau, mengandung kafein yang dapat melepaskan dopamin. Dopamin adalah zat kimia otak yang dapat meningkatkan suasana hati dan kinerja harian kamu. Peneliti juga percaya bahwa kafein memiliki efek perlindungan terhadap risiko depresi. Minum secangkir kopi atau teh adalah langkah sederhana untuk membuat hari kamu lebih menyenangkan. Rutinitas ini juga menjadi cara untuk mengatasi bad mood di pagi hari.

Mandi dengan Air Hangat 

Jika memungkinkan, cobalah untuk rutin mengakhiri hari kamu dengan mandi air panas, kamu juga bisa membuat rileks badanmu dengan menggunakan face mask dan hair mask. Para ahli dari Universitas Yale di Amerika Serikat percaya bahwa berendam di air panas adalah salah satu cara untuk memperbaiki suasana hati. Selain itu, kegiatan ini juga bisa melawan rasa kesepian. 

Menurut para ahli, hubungan air hangat dengan meredakan kesepian bermula dari perasaan hangat yang sama dengan hubungan sosial. Otak dan tubuh bereaksi dengan cara yang sama saat kamu menerima kehangatan dari hubungan pribadi atau merasakan kehangatan air.

Mendengarkan Musik

Musik selalu menjadi obat  saat kamu galau atau  sedih. Satu studi menemukan bahwa musik yang ceria meningkatkan suasana hati. Musik yang lebih dalam  dengan nada dan tempo yang ceria akan lebih membangkitkan semangat kamu daripada lagu sedih. 

Jadi cobalah untuk mulai membuat daftar putar di  pemutar musik kamu sekarang. Pilih musik favoritmu yang upbeat, upbeat dan  bisa membuatmu menari. Dengarkan musik ini saat mood sedang tidak terlalu baik.

Olahraga

Apa yang harus dilakukan dengan suasana hati yang buruk? Olahraga dan menjaga kebugaran tubuh adalah jawaban terbaik untuk mengubah suasana hati kamu. Aktivitas fisik seperti itu meningkatkan sirkulasi darah. Berolahraga dengan benar dan dalam jumlah yang tepat akan membuat kamu lebih segar. Kamu hanya perlu berolahraga sekitar 30 menit sehari untuk memperbaiki suasana hati. Cukup jalan kaki atau jogging di sekitar rumah. Coba sekarang, ya?

Meditasi

Jika kamu mengalami hari yang buruk, kamu mungkin perlu mencari tempat untuk menyendiri. Cobalah memulai meditasi kamu dengan menahan nafas sambil menghitung. Lakukan beberapa menit meditasi untuk meningkatkan mood kamu. Juga bermeditasi sebelum tidur. Kebiasaan ini akan membuat kamu lebih segar keesokan harinya dan siap untuk kembali beraktivitas..

Related Posts

Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Recent Stories