Manfaat Makan Bersama Keluarga Untuk Anak

Makan bersama keluarga ada manfaat bagi anak-anak lho, Ibu. Tak hanya fisik saja, mental dan emosional pun juga lebih sehat apabila makan bersama keluarga. Kegiatan makan bagi sebagian orang merupakan kegiatan yang remeh karena makan adalah salah satu kebutuhan primer manusia. Dengan demikian, banyak yang menganggap kegiatan makan hanyalah makan. Memasukkan makanan ke dalam mulut.

Makan Bersama Keluarga Sarapan

Akan tetapi, makan juga ada etika dan adabnya. Ada tata cara untuk makan karena bagaimanpun memasukkan makanan ke dalam mulut dan tubuh itu tak bisa sembarangan. Selain itu, tata cara makan juga memengaruhi kesehatan sang anak. Maka dari itu, mengajak makan bersama keluarga banyak sekali manfaatnya untuk anak-anak kita ya, Ayah dan Ibu. Berikut beberapa manfaat makan bersama keluarga bagi anak-anak.

Manfaat Makan Bersama Keluarga Untuk Anak

1. Mencegah Obesitas

Makan Bersama menghindari dari obesitas

Obesitas adalah salah satu momok yang dialami oleh manusia modern. WHO juga telah mencatat bahwa per 2016, angka obesitas pada orang dewasa mencapai 650 juta orang dari 1.9 miliyar penduduk dunia. Bahkan, obesitas ini sendiri sudah masuk ke dalam kategori epidemi. Hal yang dilakukan untuk menghindari obesitas satu-satunya adalah mengatur pola makan dan pola hidup.

Pola hidup dan makan yang tak teratur akan meningkatkan risiko terkena penyakit kronis. Nah, agar anak terhindar dari obesitas, ajaklah makan di meja makan bersama-sama. Selain itu, anak juga menyantap makanan yang dibuat di rumah yang proses dan nutrisinya lebih jelas dan sehat.

2. Menjauhi Mereka Dari Junk Food

Junk food adalah makanan yang sangat normal yang dinikmati oleh masyarakat modern, terlebih di perkotaan. Di setiap sudut kota, kita bisa melihat gerai-gerai fast food. Cepatnya ritme hidup dan sistem perekonomian kapitalistik yang menuntut orang terus untuk berkompetisi membuat waktu orang semakin singkat. Dengan adanya gerai-gerai fast food ini, sangat membantu mereka dalam mengisi energi. Alhasil, intensitas dengan frekuensi yang lebih tinggi dalam memakan junk food akan meningkatkan kadar lemak di dalam tubuh. Penyakit kronis seperti kanker atau diabetes lambat laun tumbuh di dalam tubuh.

Begitu mengerikannya bukan? Nah, agar anak terhindar dari obesitas, biasakanlah untuk mengajak mereka makan di satu meja makan, entah itu sarapan atau makan malam. Sajikan makanan yang sehat dan juga penuh nutrisi ketika sarapan dan makan malam ya Ibu. Tapi, bukannya junk food tidak boleh dimakan tapi, jangan terlalu sering saja.

3. Kualitas Pola Makan yang Baik

Manfaat lain yang bisa Ibu dapatkan ketika mengajak anak makan dengan seluruh anggota keluarga adalah meningkatkan kualitas pola makan. Mengajak mereka makan di satu meja makan dengan Ibu dan Ayah akan menghindari mereka dari pola makan yang buruk. Pola makan yang buruk tentu akan berimbas buruk pada tubuh dan kesehatan mereka.

4. Meningkatkan kedekatan Emosional dengan Keluarga

Selain bermanfaat bagi kesehatan fisik, ternyata mengajak mereka makan bersama adalah meningkatkan kedekatan emosional dengan keluarga. Ketika Ayah dan Ibu mengajak anak sarapan atau makan malam bersama, Ayah dan Ibu bisa mengajaknya berbincang-bincang atau menanyakan kegiatan mereka nanti  atau apa yang mereka lakukan tadi siang.

5. Mengajarkan Tanggung Jawab

Ketika mengajaknya makan di meja makan, selain mengajarkan mereka tentang pola makan yang lebih teratur, Ibu dan Ayah bisa mengajarkan mereka tentang bagaimana bertanggung jawab seperti mencuci alat makan atau piring. Di sini Ibu bisa memberikan contoh pada mereka dengan mengajak mereka mencuci atau membersihkan alat makan bersama.

6. Mengajarkan Sopan Santun di meja Makan

Makan tak hanya sekadar kegiatan untuk mengisi energi atau memasukkan makanan ke dalam mulut. Akan tetapi, lebih dari itu, di dalam kegiatan ini, ada etika dan adabnya sendiri. Adab dan etika ini bertujuan agar mereka tahu aturan dan sopan santun demi kebaikan bersama. Selain itu, tata cara makan yang baik juga baik untuk kesehatan tubuh dan mereka.

7. Mengajarkan Komunikasi dan Bagaimana Bersosialisasi

Selain mengajak mereka bercengkrama di meja makan, Ayah dan Ibu bisa mengajarkan mereka bagaimana caranya berkomunikasi dengan baik dan bersosialisasi. Di sini Ibu bisa mengajarkan mereka untuk menjadi pendengar yang baik dan juga mampu mengutarakan atau megekspresikan apa yang mereka rasakan.

Related Posts

Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Recent Stories